Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab 2017

Advertisement
Advertisement
Beritamu.info - Kewajiban manusia di muka bumi adalah ibadah dan salah satu bentuk ibadah yaitu menutup aurat, dan khusus bagi kaum hawa menutup rambut atau berjilbab, Sekarang perempuan tidak perlu cemas dalam merawat rambut saat menggunakan hijab, asal tahu caranya. Rambut berhijab cenderung mengalami kerontokan, gatal-gatal, dan ketombe. Lalu bagaimana cara perawatan rambut untuk perempuan berhijab.

Mempunyai rambut indah memang menjadi impian dan dambaan bagi setiap wanita karena bagaimanapun rambut adalah mahkota yang paling dibanggakan dan perlu perawatan yang istimewa. Namun, sering kali wanita tidak memahami cara perawatan rambut yang tidak tepat dan benar, khususnya bagi wanita yang mengenakan jilbab/hijab. Berbagai cara telah dilakukan, namun rambut indah yang diidambakan masih saja mengganggu penampilan anda. Berikut beberapa tips perawatan agar rambut dan kulit kepala tetap sehat bagi wanita berjilbab.
Baca Juga : Tips Perawatan Rambut Ombre

Cara Merawat Rambut Wanita Berhijab
1. Kenali jenis rambut

Secara umum, ada berbagai jenis rambut seperti rambut kering, berminyak, normal, rambut keriting, rambut halus, dan lainnya. Anda harus mengenal jenis rambut sendiri, dengan begitu And dapat dengan mudah memilih sampo yang tepat. Selain itu, jangan lupa juga menggunakan kondisioner dan lakukan pemijatan dengan menggunakan ujung jari karena dapat melancarkan aliran darah.

2. Minimalkan menyisir rambut

Setelah Anda mencuci rambut, jangan langsung menyisir rambut dengan menggunakan sisir rambut ,tapi gunakanlah jari-jari tangan. Karena pada saat basah rambut akan lebih mudah patah.

Cara menyisir pun harus perlahan, terutama untuk rambut yang panjang. Jangan menyisir mulai dari pangkal, tetapi dari cukup di bagian ujung saja. Salah cara menyisir dapat menyebabkan kerontokan.

Sisir yang digunakan ujungnya harus tumpul dan terbuat dari bahan plastik. Jangan gunakan sisir yang terbuat dari kayu karena dapat merusak kutikula rambut.

Meminimalkan sisiran dapat mengurangi kerusakan rambut. Untuk rambut yang berhijab cukup menyisir sebelum dan setelah memakai hijab.

3. Kurangi menggunakan alat pemanas

Jika dalam keadaan yang tidak terburu-buru, mengeringkan rambut dengan cara alami jauh lebih menyehatkan rambut. Tetapi jika Anda tidak mempunyai waktu, sebaiknya gunakan alat pemanas seperti hair dryer dengan setelan panas yang paling rendah.

4. Pilih jilbab yang menyerap keringat

Tidak bisa dipungkiri, mengenakan jilbab dapat menyebabkan kondisi kulit kepala dan rambut menjadi berkeringat. Salah satu cara untuk mengurangi keringat berlebih adalah dengan memilih jenis jilbab yang dapat menyerap keringat seperti jilbab berbahan kaus atau katun.

5. Gunakan jilbab maksimal empat lapis

Anda tipikal wanita yang mengikuti tren berjilbab dengan jilbab berlapis-lapis? Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menggunakan jilbab berlapis. Gunakan jilbab berlapis maksimal empat lapis. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara pada rambut agar tetap seimbang.

6. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Memiliki rambut yang panjang bagi wanita berjilbab memang sebaiknya diikat agar tidak mengganggu tampilan jilbab dan masih dalam koridor syar’i. Namun, ada baiknya Anda tidak terlalu kencang mengikatnya karena ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menyebabkan rambut mudah patah.

7. Hindari jilbab berwarna gelap

Memakai jilbab berwarna gelap di udara yang panas sebaiknya dihindari. Jilbab berwarna gelap lebih cepat menyerap cahaya matahari yang dapat menyebabkan kondisi lembab di sekitar kepala dan rambut. Sebaiknya gunakan jilbab berwarna putih atau terang saat udara sedang panas.

8. Keramas teratur

Biasakan keramas teratur dua hari sekali dengan mengenali shampoo yang tepat untuk jenis rambut Anda agar hasilnya maksimal. Menjaga kebersihan dengan baik bisa memperkecil resiko kerusakan kulit kepala dan rambut Anda.

9. Istirahatkan rambut

Jika tidak sedang mengenakan jilbab, sebaiknya Anda mengistirahatkan rambut dengan membiarkan tanpa ikatan. Beri kesempatan rambut Anda untuk bernapas, selain lebih segar, mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembapan kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan  dan munculnya ketombe.

10. Konsumsi makanan rendah lemak

Setelah melakukan perawatan dari luar, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan dari dalam. Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi dapat menutrisi rambut secara alami. Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.

Mudah-mudahan innformasi yang telah disampaikan berita info tentang Perawatan Rambut Berhijab diatas bermanfaat bagi kita semua semoga bisa dijadikan contoh untuk anda yang membutuhkannya.

Advertisement