Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh 2017

Advertisement
Beritamu.info - Jengkol merupakan makanan paling disukai di masyarakat kita dan menjadi favorit mayoritas orang Indonesia,namun banyak pula yang membenci jengkol karena aroma baunya yang tidak mengenakan,bagi yang suka makan jengkol akan menyebabkan nafas menjadi beraroma bau dan pada urine dapat menimbulkan bau tidak sedap sehingga dapat menggangu kenyamanan orang lain seperti di toilet.

Jengkol biasa disajikan dan sebagai lauk di rumah  serta di restoran atau rumah makan karena rasanya yang enak dan khas dan memiliki tekstur yang empuk sehingga cocok untuk dijadikan penyempurna pada menu makanan dan hidangan,selain itu dengan semakin kreatifnya masyarakat kita jengkol juga sekarang dijadikan makanan camilan seperti kerupuk jengkol yang sangat disukai walaupun beraroma yang tajam menyengat.

Namun dibalik aromanya yang berbau tajam dan tidak sedap, ada banyak sekali Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh kita  yang sudah tidak diragukan dan telah diteliti oleh para ahli kesehatan dan gizi,namun banyak yang belum mengetahui manfaat dan khasiat jengkol untuk kesehatan,maka dari itu disini kami akan coba berikan info tentang manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang mudah mudahan bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan.Berikut manfaat dan khasiat juga kandungan yang terdapat jengkol bagi tubuh yang dapat kami uraikan dibawah ini

www.beritamu.info
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan
1.Mencegah Tulang Keropos / Memperkuat Tulang Dan Gigi
Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuh anda menjadi lebih kuat.

2.Mencegah Anemia
Jengkol juga kaya akan zat besi di mana zat besi ini sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Anda pastinya tahu bahwa bila tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang. Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang.Efek dari kurangnya suplai oksigen dan zat-zat makanan  pada sel akan menurunkan fungsi/ kinerja sel. Tak heran jika seseorang mengalami kekurangan zat besi, ia akan terlihat lemas, mudah lelah, dan tidak bersemangat. Nah, bagi anda para wanita,  mengkonumsi jengkol saat sedang menstruasi sangat dianjurkan agar tubuh anda tidak kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar tubuh.

3.Basmi Radikal Bebas
Jengkol mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan. Manfaat antioksidan dikenal ampuh menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

4.Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic (pembuangan urine menjadi lancar).  Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.

5.Mencegah Diabetes
Hebatnya lagi, jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

6.Mengatasi Masalah Penyempitan Pembuluh Darah
Penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol ternyata dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Nah, agar khasiat jengkol menjadi optimal, sebaiknya anda tidak memasak jengkol terlalu matang (overcooked).

7.Mengatasi sembelit pada ibu hamil
Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit. Kandungan serat pada jengkol dapat mengatasi masalah sembelit. Dengan kata lain, serat pada jengkol membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar. Namun tetap jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol ya. Konsumsilah jengkol sesuai dengan jumlah yang dianjurkan.

8.Pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan
Jengkol juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan. Pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan optimal berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada buah jengkol.

9.Mengontrol kadar gula darah
Manfaat lainnya dari buah jengkol adalah dapat mengontrol kadar gula darah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda para penderita diabetes. Jengkol mengandung zat gula yang ‘bersahabat’ dengan para penderita diabetes. Zat gula pada jengkol merupakan zat gula yang paling mudah diurai sehingga aman untuk penderita diabetes.

Demikian info kesehatan tentang Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh yang dapat kami berikan untuk anda,semoga banyak manfaatnya.

Advertisement