6 Hal Tidak Terduga Di Balik Kejadian Gerhana Matahari 2017

Advertisement
Beritamu. info - Banyak perisiwa aneh yang terjadi di muka bumi ini dari mulai hujan katak, hujan debu dan yang lainnya bahkan satu fenomena yang terbaru saat ini adalah adanya gerhana matahari yang tejadi 30 tahun sekali sekaligus dari adanya kejadian langka itu banyak sekali yang berasumsi termasuk dari mereka para ahli di bidang astronomi yang berpendapat bahwa adanya gerhana matahari itu disebabkan peredaran planet bumi yaitu bulan yang menutupi permukaan matahari sehingga cahaya matahari yang seharusnya menyinari bumi tidak bisa tembus yang akhirnya semua wilayah yang tidak terkena oleh sinar matahari tersebut menjadi gelap apalagi jika gerhananya itu total sudah pasti keadaan di muka bumi itu gelap gulita.

Itulah sebabnya mengapa kejadian langka seperti gerhana matahari ini selalu menjadi bahan pembicaraan oleh semua orang terutama bagi sebagian orang yang menjadikan adanya fenomena ini sebagai kesempatan emas untuk mengabadikannya dengan cara merekam atau memotretnya meski ada larangan khusus dengan melakukan hal seprti itu amun tidak sedikit pun yang menindahkannya, bahkan sudah banyak tersedia beberapa tempat yang cocok dan pas unk bisa melihat peristiwa matahari yang tersebar di tempat tempat straegis di dunia tidak terkecuali di indonesia yang menjadi salah satu negara yang terkena peristiwa gerhana matahari seperti yang akan terjadi baru baru ini.

Peristiwa langka dan sangat fenomenal ini ternyata menyimpan beberapa fakta penting yang secara umum beum diketahui oleh orang banyak yang bedasarkan fakta yang kuat dan pernah terjadi serta di alami oleh sebagian orang di dunia saat kejadian, sampai dengan saat ini setidaknya sudah ada 6 hal tidak terduga di balik kejadian gerhana matahari yang di apatkan edasarkan fakta yang kuat dari beberapa orang yang pernah ebgalami hal seperti ini, Selain itu juga di sisi lain adanya peristiwa gerhana matahari ini rupanya bisa memebrikan hikmah dan berkah bagi mereka yang memanfaatkan kejadian tersebut dengan menjual beberapa atribut kacamata yang di khusukan untuk bisa melihat gerhana matahari tersebut yang merupakan satu kejadian penting dibalik seperti dibawah ini.

6 Hal Tidak Terduga Di Balik Kejadian Gerhana Matahari
6 Hal Tidak Terduga Di Balik Kejadian Gerhana Matahari


1. Solat Gerhana, jika kamu muslim, Dalam ajaran islam, umatnya diwajibkan melakukan solat sebanyak lima kali dalam sehari. Namun pada saat gerhana matahari, solat mereka akan menjadi enam kali dalam sehari. Biasanya, umat muslim melakukan solat khusus untuk gerhana matahari yang disebut khusuf. Hal ini bertujuan untuk menghormati perintah Allah atas kebesaran-Nya dalam mengatur alam semesta. Solat ini tidak hanya dilakukan saat gerhana matahari saja, tetapi juga ketika terjadi fenomena alam lainnya, seperti gerhana bulan dan gempa bumi.

2. Kita bisa kehabisan daya listrik, Wilayah di Uni Eropa menghasilkan listrik sekitar 95 GW dari tenaga surya. Pada saat terjadi gerhana matahari, daya listrik akan menurun menjadi 35 GW.Selain itu, fenomena gerhana matahari juga diperkirakan dapat menurunkan tenaga angin. Kecepatan angin akan turun mendekati 1 m/s.

3. Kelaparan, Gerhana matahari bisa saja menjadi pertanda buruk, terutama jika kamu tinggal di India. Masyarakat India percaya bahwa sinar matahari dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Tidak adanya sinar selama gerhana matahari bisa menyebabkan makanan menjadi teracuni dan najis. Mereka akan membuang semua makanan dan minuman selama gerhana matahari.

4. Hewan bertingkah aneh, Umumnya, karakter dan pola kebiasaan hewan akan bergantung pada siklus siang dan malam. Keadaan matahari yang tiba-tiba gelap akan mengelabui para hewan, sehingga perilaku mereka akan berubah ke mode malam. Hewan nokturnal seperti jangkrik mulai berkicau, nyamuk keluar mencari makan, dan predator seperti burung hantu akan bangun dan keluar dari sarangnya. Sebaliknya, burung-burung lain, seperti angsa secara naluriah kembali ke kandang saat gerhana dimulai, sebab mereka menganggap waktu telah malam.

5. Gaya gravitasi berhenti sesaat, Fenomena gerhana matahari mempunyai banyak efek terhadap kondisi Bumi. Salah satunya terhadap gravitas bumi, selama gerhana terjadi gravitasi sama sekali tidak berfungsi. Efek ini dinamakan efek Allais. Namanya diambil dari penemu teori ini, Marcus Allais. Ia adalah ekonom pemenang Nobel di tahun 1950. Sejak teori ini ditemukan, para ilmuwan berlomba-lomba untuk mengetauhi penyebabnya, namun kebanyakan dari mereka menemui kegagalan. Namun demikian, sebagian ilmuwan percaya bahwa gelombang gravitas bumi terhalang oleh bulan. Efek Allais sendiri ditemukan Marcus ketika sedang mengamati perilaku aneh pendulum selama fenomena gerhana. Pendulum biasanya digunakan untuk mendeteksi gaya gravitasi Bumi. Selama gerhana, pendulum bergerak lebih cepat dari biasanya.

6. Dihukum mati apabila tidak melihat gerhana, Secara histori, fenomena gerhana seringkali dianggap sebagai pertanda buruk oleh beberapa budaya. Namun di kepercayaan di Cina Kuno jauh lebih menakutkan. Sekitar 4000 tahun lalu, dua astronom bernama Hsi dan Ho ditugaskan dengan memprediksi gerhana matahari dalam upaya mengantisipasi kesialan yang mungkin akan terjadi. Namun pada saat itu keduanya sedang berada dalam kondisi mabuk, sehingga mereka gagal memprediksi gerhana. Untuk kegagalan ini, mereka pun dieksekusi mati.

Adanya fenomena aneh dan langka seperti gerhana matahari ini mungkin bisa dijadikan satu pembelajaran penting bagi kita selaku umat manusia dalam mengambil satu tindakan yang berkaitan dengan alam yerutama dari pemanfaatan sumber daya alam yang semena mena yang tentunya bisa merusak bumi kita tercinta sehingga idak aneh lagi apabila sering terjadi peristiwa langka dan aneh sepeti dari 10 hujan teraneh yang pernah terjadi di muka bumi beberapa tahun lalu.

Advertisement