5 Hikmah dan Makna Merayakan Hari Lebaran Idul Fitri 2017

Advertisement
Beritamu.info - Hari raya idul fitri atau yang lebih dikenalnya sebagai hari lebaran merupakan salah satu hari istimewa bagi umat islam, Waktu yang sangat tepat untuk saling memberi maaf anatar semuanya sehingga kebahagiaan yang selama ini dinantikan ketika sudah masuk bulan ramadan bisa tercurahkan dengan rasa bahagia yang tiada tara dari hadir dan bisa berkumpulnya orang orang tercinta dan perasaan ini tidak akan ditemukan dan dirasakan oleh siapapun terkecuali bagi mereka yang bisa meraih kemenangan di hari fitri ini dan mungkin ini bisa dikatakan sebagai salah satu hikmah hari lebaran.

Karena adanya hari lebaran ini bukan hanya bisa memakai baju baru atau yang serba baru, Namun satu hal yang perlu tahu bahwa makna penting bulan lebaran itu adalah bisa meraih kembali makna bulan ramadhan yang diekspresikan di hari raya idul fitri atau lebaran yang tentu semuanya ingin merasakan sebuah kebahagiaan bisa berkumpul dengan sanak keluarga, kerabat jauh dan dekat atau orang orang yang kita cintai, itulah sebabnya mengapa selalu ada tradisi mudik bagi orang orang yang sedang merantau karena kebahagiaan di hari lebaran itu tidak ada gantinya.

Dan mungkin banyak pelajaran yang bisa dipetik selama melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh yang di akhiri dengan saling bermaafan di hari lebaran, Sehingga satu hal yang pasti dan tidak bisa tertandingi adalah dengan bisanya kita kembal ke makna idul fitri yang tersimpan beberapa hal penting yang terkait dengan lebaran seperti mimpi lebaran idul fitri, hidangan lebaran idul fitri, masakan lebaran idul fitri, hikmah shalat idul, fitri dan idul adha dan hikmah sholat idul fitri yang bisa disimpulkan dengan 5 Hikmah dan Makna Merayakan Hari Lebaran Idul Fitri dan berikut penjelasannya.

5 Hikmah dan Makna Merayakan Hari Lebaran Idul Fitri
5 Hikmah dan Makna Lebaran Idul Fitri

1.Hikmah Kegembiraan dan Kesyukuran, Hikmah kegembiraan dan kesyukuran. Dan memang dibenarkan bahkan disunnahkan kita bergembira, berbahagia dan bersuka cita pada hari ini. Karena makna dari kata ‘ied itu sendiri adalah hari raya, hari perayaan, hari yang dirayakan. Dan perayaan tentu identik dengan kegembiraan dan kebahagiaan.

2. Hikmah Ketauhidan, Keimanan dan Ketaqwaan, Dalam menyambut ‘Iedul Fithri, disunnahkan bagi kita untuk banyak mengumandangkan takbir, tahlil, tasbih dan tahmid sebagai bentuk penegasan dan pembaharuan deklarasi iman dan tauhid. Itu berarti bahwa identitas iman dan tauhid harus selalu kita perbaharui dan kita tunjukkan.

3. Hikmah Kefitrahan, Biasa juga dikatakan bahwa, dengan hadirnya Idul fitri berarti kita kaum muslimin kembali kepada fitrah, kembali kepada kesucian. Dan itu benar. Karena jika benar-benar dioptimalkan, maka Ramadhan dengan segala amaliah istimewanya adalah salah satu momentum terbaik bagi peleburan dosa dan penghapusan noda diri kita selama ini.

4. Hikmah Kepedulian, Islam adalah agama peduli.Dan sifat serta karakter kepedulian itu begitu tampak nyata dan terbukti secara mencolok selama bulan mulia yang baru saja berlalu. Dimana semangat berbagi dan spirit memberi melaui sunnah berinfak dan bersedekah serta kewajiban berzakat, begitu indah menghiasi hari-hari penuh peduli sepanjang bulan Ramadhan.

5. Hikmah Kebersamaan dan Persatuan, Selama Ramadhan, suasana dan nuansa kebersamaan serta persatuan ummat begitu kental, begitu terasa dan begitu indah. Mengawali puasa bersama-sama (seharusnya dan sewajibnya), bertarawih bersama (disamping jamaah shalat lima waktu juga lebih banyak selama Ramadhan)dan beriedul fitri bersama.

Sehingga kebahagiaan pun akan dirasakan ketika lebaran sudah datang yang lahir dari adanya hikmah lebaran itu sebagai penyempurna dari adanya 10 hikmah puasa yang sudah dilaksanakan selama sebulan penuh oleh segenap umat isalm di seluruh dunia.

Advertisement