Bacaan Do'a Iftitah Dan Artinya 2017

Advertisement
Beritamu.info - Salah satu do'a yang mungkin sangat di anjurkan sekali terutama ketika sedang melaksanakan sholat adalah membaca do'a iftitah yang secara harfiyah mempunyai arti pembuka itu memang pas sekali jika sesudah membacakan kalimah takbir dilanjutkan dengan membaca doa iftitah setela itu membaca surat Alfatihah, Meskipun hukumnya sunat membaca doa iftitah tapi jika melihat arti dan tujuannya sangat baik sekali selalu dilakukan oleh baginda Rasul yang dianjurkan sekali bagi ummatnya.

Bacaan do'a iftitah juga tidak serta merta bisa dilakukan pada setiap waktu sholat, ada sholat tertentu yang tidak di anjurkan untuk membacanya seperti pada sholat jenazah, Yang mungkin ada alasan tertentu mengapa tidak di anjurkan untuk membacanya, Bahkan soal pahala akan membacanya do'a tersebut bisa mengalir kepada siapa saja yang ditujunya sebagai contohnya ketika akan mendo'akan mayit yang sudah meninggal disaat itu juga disunatkan untuk melakukan sholat sunnat unsi dan berdo'a kebaikan kepadanya.

Yang pastinya hampir semua umat islam tau akan fadhilah dari membaca do'a iftitah tersebut, Namun tidak ada salahnya untuk saling bebagai ilmu sekaligus mengingatkan siapa tahu tidak ada yang hafal kan bacaan do'a tersebut atau do'a do'a lainnya seperti do'a qunut, do'a setelah sholat, do'a tahajjud' do'a untuk orang sakit, do'a setelah adzan, do'a setelah wudhu, do'a mandi wajib, do'a sholat jenazah dan masih do'a do'a penting yang lainnya yang sangat dianjurkan sekali dalam menghafalnya salah satunya dengan tahu akan bacaan do'a itftitah dan artinya berikut ini.

Bacaan Do'a Iftitah Dan Artinya
Bacaan Do'a Iftitah Dan Artinya


اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرً وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. أِنِّ وَجَّهْةُ وَجْهِيَ ِللذِيْ فَطَرَالسَّمَوَاتِ وَاْلآَرْضَ حَنِيِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمْحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Bacaan do'a Iftitah Latin :
Allahu Akbaru kabira walhamdu lillahi kathira wasubhanallahhi bukratau waasila. Inni Wajjahtu wajhia lillazi fataras sama wati wal ardha hanifam muslimaw wama ana minal musyrikin. Inna solati wanusuki wamahyaya wammamati lillahi rabbil’alamin. La syarikalahu wabiza lika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya :
Allah Maha Besar sebesar-besarnya. Dan puji-pujian bagi Allah sebanyak-banyaknya. Dan maha suci Allah siang dan malam. Kuhadapkan mukaku, kepada yang menjadikan langit dan bumi, aku cenderung lagi berserah kepada Allah dan bukanlah aku dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku kuserahkan hanya pada Allah tuhan seru sekelian alam. Sekali-kali tidaklah aku menyekutukanNya . Dan dengan demikian aku ditugaskan, dan aku adalah dari golongan orang-orang Muslim (Islam). 

Fadhilah atau keutamaan membaca d'a iftitah ini mungkin semua sudah pada tahu, Namun satu yang perlu tahu adalah indahnya saling berbagi ilmu lewat media bermutu seperti dari adanya postingan tentang do'a qunut yang biasa dibacakan ketika sedang melaksanakan sholat shubuh.

Advertisement