Bacaan Niat Doa Puasa Mutih dan Hukumnya

Advertisement
Advertisement
Beritamu.info - Pada dasarnya melakukan sebuah amalan peribadahan itu akan mempunyai nilai istimewa di pandangan sang pencipta jika dalam hatinya ttidak terbersit sedikitpun ada rasa lebih dari pelaksanannya tersebut. Dalam artian itu sangat tergantung sekali pada niat saat pertama kali amalan tersebut dilakukan. Lalu bagaimana jika ada amalan yang memang di ada kaitannya dengan maksud tertentu seperti berpuasa mutih atau hanya sekedar mengkonsumsi makanan yang pada umumnya berifat putih.

Nah disini tentunya kita perlu mencermati dari tujuan dan maksud dilakukannya amalan seperti itu. Dalam kajian dan menuturr kaidah isalm tidak ada salahnya apabila sesorang melaksanakan sebuah amalan meskipun itu hukumnya sunat atau bahkan mubah selagi amalan tersebut tidak keluar dari koridor hukum sebenarnya di tambah lagi tujuannya hanya semata-mata menghaarapkan ridho-Nya. Dalam konsteksnya berpuasa itu sangat baik seklai bahkan di anjurkan karena hikmah dan manfaat dari pelaksanaanaya tersebut sangat berdampak sekali pada sisi kepribadian seseorang.

Termasuk di antaranya puas mutih ini yang pada umumnya sebagaimana diketahui bersama aktivitas berpuasa seperti ini memang sangat identik dengan maksud tertentu atau kalau dalama bahasa gaulnya adagajah di balik batu. Tetapi jika kita bisa memaknainya dengan pasti maksud dan tujuan niat puasa mutih tersebut yang ditujukan terhadap hal yang baik dam mencari ridhonya itu tentunya sangat baik pula bahkan tidak ada salahnya untuk melatih dengan melakukannya secara bertahap.



Sehingga baik secara pengamalan maupun dari keingintahuanya tersebut bisa dijadikan sebuah amalan yang bermanfaat. Meskipun secara peninjuan tata letak hukum itu tidak ada ketentuan dalam membacakaan niatnya, Karena sudah termasuk pada bagian dari puasa sunat pada umumnya. Hanya saja dimaksudkan untuk bisa mendapatkan berkah dari adanya rasa ingin berpuasa. Sehingga dengan demikian bisa dikethaui pasti bacaan doa dan niat yang di maksud itu tidak jauh beda ketika membacakan niat dan doa puasa sunat lainnya seperti puasa senin kamis, atau puasa nabi daaud dan puasa sunat lainnya. sekira bisa di ucapkan

ننَوَيْتُ صَوْمَ يسُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
Artinya : Niat saya berpuasa sunat karena Alloh Ta'ala  َ
Dari adanya lafadz niat tersebut bisa diketahui secara pasti niat daripada puasa mutih dengan adanya tambahan lapadz tertentu yang di selipkan pada bagian kalimat berpuasa...... Adapun soal do'a yang di baca selama berpuasa itu tergantung pada amalan yang diberikan oleh sang guru pada umumnya. Semoga bermanfaat terima kasih.

Advertisement