Rahasia dan Hikmah Malam Lailatul Qodar

Advertisement
Beritamu.info - Keagungan bulan suci ramadhan ini memang menjadi sebuah keutamaan bagi segenap umat islam untuk bisa berlomba-loma mendapatkan rahasia yang ada di buan suci tersebut, Untuk itulah tidak heran apabila setip indvidu muslim di dunia sangat menantikan sekali kedatnngan bulan penuh ampunan tersebut. Terlebih lagi dalam bulan suci ramadhan terdapat satu malam yang sangat istimewa sekali bagi umat islam yaitu malam lailatul qodar yakni malam seribu bulan yang menurut keterangan dan di fatwakan oleh para ulama bahwa terdapat rahasia tersembuyi pada malam lailatul qodar tersebut yang senantiasa umat islam ingin sekali mendapatkan rahasia malam tersebut.

Sebagaiman kita kethaui bersama bahwa keagungan bulan ramadhan itu sangat besar dan banyak sekali selain adanya malam lailatul qodar terdapat pula malam nuzulul quran yaitu amal di turunkannya kalam suci al quran ke muka bumi ini. Sehingg dari keduakeagungan dan kesitimewaan terebut tentunya nilai daripada kesucian bulan puasa akan bisa di dapatkan apabiladamalm melaksanakan dan mengerjakan amalan ibadah puasanay tersebut sesuai dengan kaidah-kidah isla yang sudah di tetapkan.

Dan hadirnya artikel sederhana dari redaksi beritamu.info ini yang mengulas tentang rahasia dan hikmah malam lailatul qodar semoga saja bisa memberikan manfaat dan hikmah yang sangat besar sebagai benruk dari wujud rasa syukur yang mendalam atas di pertemukannya dengan keagungan bulan suci ramadhan tersebut. Untuk segenap hati jiwa dan perasaan ini dengan senagn hati akan menyambut kedatangan bulan suci ramadhan ini dengan mengetahui secara pasti rahasia dan hikmah di blika malam seribu bulan tersebut. berikut ulasannya.

rahasia malam lailatul qodar


Keterangan ayat malam lailatul qodar
Sesungguhnya telah Aku turunkan (al-Quran) pada malam lailatul qadar. Tahukah kamu apa malam lailatul qadar itu? Yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam tersebut turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar. (QS: al-Qadar, 1-4).
Hikmah Malam Laliatul Qodar
Tafsir Mafatih al-Ghaib atau yang lebih terkenal dengan Tafsir al-Kabir, menjelaskan hikmah tersembunyinya malam lailatul qadar. Ar-Razi berkata:

“Allah merahasiakan jatuhnya malam lailatul qadar sebagaimana Dia merahasiakan perkara-perkara lainnya (seperti rejeki, kelahiran dan kematian) antara lain adalah bahwa Dia merahasiakan ridanya atas ketaatan kaum muslim agar mereka istikamah beribadah dalam sebulan penuh untuk mendapatkan malam yang keutamaannya melebihi seribu bulan. Allah juga menyembunyikan waktu-waktu dikabulkannya doa agar hamba-Nya tidak berhenti berdoa.”

Fatwa Ulama Tentang Malam Lailatul Qodar
Salah satunya adalah hujjatul Islam Imam al-Ghazali (W.505 H). Menurut beliau, malam lailatul qadar bisa diketahui dengan melihat hari awal mula (tanggal pertama) bulan puasa. Kemudian beliau merumuskannya demikian:

  • Jika hari atau malam pertama bulan Ramadan jatuh pada malam Ahad atau Rabu maka Lailatul Qadar jatuh pada malam tanggal 29 Ramadan
  • Jika hari atau malam pertama jatuh pada Senin maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 21 Ramadan
  • Jika hari atau malam pertama jatuh pada Kamis maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 25 Ramadan
  • Jika hari atau malam pertama jatuh pada malam Sabtu maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 23 Ramadan
  • Jika hari atau malam pertama jatuh pada Selasa atau Jumat maka Lailatul Qadar jatuh pada malam 27 Ramadan.

Dengan adanya pemaknaaan dari datang dan hadinya bulan penuh dengan pengampunan tersebut setidaknya semangat menjalani ibadah puasa kian terbarukan sebagai salah satu nilai pengabdian yang memang selama ini kurang begitu termotivasikan. Dan semoga bermanfaaat.

Advertisement